Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengemukakan sejumlah capaian keberhasilan program bidang edukasi di era Presiden Joko Widodo. Salah satu yang dipamerkan ialah fasilitas pendidikan untuk warga tidak cukup mampu lewat Kartu Indonesia Pintar.

“Keberhasilan Pemerintah ketika ini, ditandai dengan mampunya kita menanggulangi pendidikan untuk anak-anak tidak cukup mampu. Di mana akses itu kita mudahkan dengan adanya program Kartu Indonesia Pintar (KIP),” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy saat muncul di acara Gebyar Pendidikan dan Kebudayaan di Lapangan Maulana Yudha, Kabupaten Tangerang, Sabtu (16/3).

Menurutnya, pemerintah Jokowi pun lebih menyimak pendidikan di wilayah yang masuk kelompok 3T, yaitu tertinggal, terdepan dan terluar.

Contohnya, dengan sudah berdirinya 4.000 bangunan sekolah baru di sekian banyak  jenjang edukasi Dasar, Menengah dan Atas.

“Program Kartu Indonesia Pintar (KIP) yang sudah kita berikan juga untuk 7 juta anak umur sekolah,” lanjutnya.

Muhadjir menerangkan, wilayah yang dikategorikan masuk golongkan 3T tersebut yakni, wilayah Kepulauan Bintang, Kepulauan Batu dan Kepulauan Komodo.

“Di sana menjadi konsentrasi perbaikan pendidikan. Karena laksana pesan dari Pak Presiden, mesti menyiapkan sumber daya insan di umur muda sehingga dapat mengejar ketertinggalan dengan negara lain,” kata Muhadjir.

Dalam peluang tersebut, Muhadjir pun membagikan sejumlah hadiah untuk para murid di Kabupaten Tangerang berupa sepeda yang dapat menjawab pertanyaan.

“Anak-anaku yang dapat jawab pertanyaan Bapak, kasih hadiah. Siapa mau?,” ujar Muhadjir.